Breaking News
Loading...
Kamis, 30 Juni 2011

Ayat-ayat Al Qur’an tentang berkompetisi dalam kebaikan , pengembangan IPTEK dan menyantuni kaum lemah

Kamis, Juni 30, 2011
A.Qs, Al-Baqarah ayat 148
Artinya :
Dan bagi tiap-tiap umat ada kiblatnya (sendiri) yang ia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah (dalam membuat) kebaikan. di mana saja kamu berada pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian (pada hari kiamat). Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Kandungan ayat tersebut :
Memotifasi kita untuk selalu berlomba dalam melakukan kebaikan, baik dari sisi ukuran agamanya, bukan ukurab dari akal manusia. Sebab terkadang suatu yang baik menurut akal manusia belum tentu baik menurut agama. Perbuatan yang baik harus selalu di ajarkan dengan cara di contohkan dan di biasakan. Seberas apapun kebaikan yang kita lakukan, walaupun hanya sebesar Zaroh pasti akan mendapat balasan di akhirat.
Prilaku yang mencerminkan kandungan ayat Qs. Al-Baqarah 148
Pemahaman dan penghayatan  terhadap ayat tersebut akan memotifasi kita untuk selalu melakukan kebaikan dan menghintadi kejelekan walaupun juga sebesar Zahroh.

B. Tentang Pengembangan IPTEK
Qs, Al – Mujadilah ayat 11
Artinya :
Hai orang-orang beriman apabila kamu dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majlis", Maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu", Maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Kandungan ayat tersebut :
Dalam ayat ini Allah SWT menjelaskan bahwa orang yang beriman dan memiliki ilmu pengetahuan akan diangkat derajadnya oleh Allah SWT beberapa derajad di atas orang-orang yang tidak beriman dan berilmu pengetahuan. Orang yang berilmu pengetahuan memiliki beberapa kelebihan di bandingkan dengan orang  yang tidak berilmu pengetahuan. Ibadah kepada Allah SWT harus ilmu pengetahuan yang melandasi ibadahnya. Jika tidak di  landasi dengan ilmu pengetahuan maka ibadahnya akan asal-asalan , tanpa dilandaskan dengan syariat yang benar, sehingga ibadahnya tidak akan di terima oleh Allah SWT.
Comments
0 Comments

0 comments:

Poskan Komentar

 
Toggle Footer